Kamis, 19 Maret 2020
TUGAS INDIVIDU
ARTIKEL POPULER
Nama          : Mirat Susanti
NPM          : 8820118019
Tingkat/Semester    : 2/4
Prodi          : PBSI
Mata Kuliah            : Dasar-Dasar Menulis

NGAMUMULE BUDAYA SUNDA TAHUN 2020
PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
FKIP UNIVERSITAS SURYAKANCANA CIANJUR

Usaha-usaha untuk melestarikan dan memajukan budaya sunda sudah selayaknya mendapatkan apresiasi. Dan itulah yang akan dilakukan oleh anak Himpunan Mahasiswa Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia untuk waktu yang akan datang. Bertempat di Aula FKIP, Universitas Suryakancana. Ngamumule Budaya Sunda tahun ini pada seminarnya akan menghadirkan pembicara Chye Retty Is nedes ( Penulis Karya Sastra Sunda), AA Oni SOS ( Budayawan Sunda) dan Imas Rohilah, M.Pd. ( Ketua MGMP Bahasa Sunda SMP Kab. Cianjur ). Meskipun tidaklah mudah bagi para panitia Ngamumule tahun ini menjalankan tugas yang sudah terjadwal setiap tahunnya, dengan berbagai macam kendala didalam proses persiapannya, dari mulai pendanaan dan banyaknya anggota pengurus yang kurang optimal kinerjanya dan masih banyak konflik lainnya diantara panitia. Namun dari berbagai macam kendala dan hambatan, kami tidak menjadikannya permasalahan dan hambatan. Justru itu membuat semangat kita untuk menunjukan bahwa kita bisa paling terdepan, disisi lain kamipun merasa cemas dengan kondisi dan situasi pada zaman sekarang yang mana sebagian dari kita sudah mulai termakan zaman.
Lalu ditengah gempuran budaya barat yang merasuki berbagai lini kehidupan, menjaga kelestarian bahasa dan sastra sunda adalah suatu keniscayaan . jika tidak, generasi penerus kita yang akan datang tidak akan mampu mengenali jati dirinya. Untuk melestarikan bahasa dan budaya Sunda, ada beberapa upaya yang dapat dilakukan oleh Himpunan Mahasiswa Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia ( HIMADIKSI )
 Dilaksanakannya program Ngamumule Budaya Sunda dimana dalam satu pekan kita mengadakan berbagai macam lomba-lomba kebudayaan Sunda. Dalam acara tersebut sekolah-sekolah dapat berpartisipasi dengan mendaftarkan siswanya untuk mengikuti macam lomba yang sudah ditentukan panitia. Berbagai lomba seperti  Maca Sajak, Pupuh, Aksara sunda/ ngalagena , Biantara, dan Dongeng.
Salah satu tujuan dari acara Ngamumule Budaya Sunda selain mengangkat kearifan lokal di daerah Cianjur, dan untuk menjaga/melestarikan sekaligus menanamkan kesadaran kepada generasi penerus bangsa, agar tidak kehilangan jati dirinya sebagai orang Sunda. Untuk menumbuhkan suatu ketertarikan berbagai kalangan muda terhadap bahasa daerah memanglah tidak mudah. Semoga dengan diselenggarakannya kegiatan ini, dapat menumbuhkan kecintaannya akan budaya dan tradisi daerah , lalu timbulah kesadaran untuk melestarikannya. Dengan adanya kesadaran untuk melestarikan bahasa dan sastra Sunda, diharapkan tercipta generasi yang tidak hanya memiliki kemampuan intelektual yang tinggi namun juga memiliki kecerdasan sosial dalam masyarakat karena pepatah hade goreng ku basa masih melekat dalam diri masyarakat Sunda.



Komentar